Cara Membuat Paving Block
Cara Membuat Paving Block dan Cetakannya Seacara Manual dari Kayu 5/5 (1)
November 8, 2018

Cara Pasang Paving Block

Cara Pola dan Pasang Paving Block dengan Benar

Please rate this

Ciptajayamandiri.com – Mau pasang paving block untuk halaman rumah? Harus diketahui terlebih dahulu cara pasang paving block yang benar agar tidak mudah rusak dan awet. Paving block adalah salah satu bahan bangunan yang berfungsi untuk menutup permukaan tanah. Biasanya paving block digunakan untuk menutupi atau meratakan permukaan tanah di halaman rumah atau bisa juga untuk lahan parkir atau proyek besar.

Terkadang banyak orang yang mencari cara pasang paving block yang benar. Hal ini tentunya bertujuan agar paving block / conblock yang dipasang tidak mudah hancur dan awet. Selain pemilihan kualitas bahan paving block, kamu juga harus memperhitungkan pemasangannya agar tidak ada yang rusak. Teknik pemasangan block terdiri dari banyak cara sesuai dengan model paving blocknya.

Cara Pasang Paving Block

Cara Pasang Paving Block yang Benar

Memasang sendiri paving block bukanlah hal yang sulit. Bagi kamu yang ingin hemat atau menekan budget, bisa saja memasang paving block sendiri. Apalagi hanya untuk halaman rumah yang tidak terlalu besar, kamu bisa memasangnya sendiri. Sebelumnya, ketahui terlebih dahulu cara pasang paving block yang benar berikut ini:

  • Sebelum memasang paving block, pastikan terlebih dahulu struktur dari lahan yang akan dipasang paving dalam keadaan padat. Jika lahan belum padat, kamu bisa memadatkan dengan menggunakan mesin roller atau bisa juga menggunakan stamper kuda. Pemadatan lahan ini bertujuan agar paving block tidak amblas saat dipasang.
  • Kedua, sesuaikan spesifikasi bahan yang akan melewati lahan yang akan dipasang paving dengan menggunakan material pendukung untuk landasan lahan paving. Kamu bisa menggunakan material makadam, sirdam, limestone, atau base course.
  • Lalu, pastikan permukaan lahan yang akan dipasang paving dalam keadaan rata. Jika belum, kamu bisa melakukan cut and fill.
  • Setelah itu, kamu bisa memasang kanstin beton yang berfungsi sebagai pengunci paving block. Proses ini bertujuan agar paving tidak bergeser saat dipasang.
  • Lalu kamu bisa gelar abu batu mengikuti kemiringan dan kemudian ratakan dengan menggunakan jidar kayu.
    Harus diketahui bahwa kamu harus memasang paving block dengan cara maju kedepan, dan posisi kamu ada di atas paving yang telah terpasang.
  • Untuk bagian tepian atau sudut yang belum terpasang paving, kamu bisa memotong paving block dengan menggunakan paving block cutter.
  • Setelah semua paving block sudah dipasang di semua area lahan, kamu bisa lakukan pengisian antar naat paving block atau disebut sebagai pengisian joint filter dengan menggunakan abu batu.
  • Lalu kamu bisa memadatkan paving block yang sudah dipasang dengan menggunakan baby roller atau stamper kodok sebanyak 2x agar paving terkunci satu sama lainnya.
  • Terakhir, kamu bisa bersihkan area lahan dari sisa-sisa abu batu.

Memasang paving block tentunya merupakan hal yang mudah saat kamu tahu cara pasang paving block yang benar. Ketika memasang paving block model apa saja, seperti model batu bata hingga grass block, yang harus diperhatikan adalah ketepatan dan juga kesesuaian paving block dengan prosedur. Hal ini tentunya bertujuan agar struktur yang dihasilkan sesuai kebutuhan dan juga memiliki kualitas baik dan juga rapi, serta tahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *