Paving Block Adalah
Devinisi dan Pengertian Paving Block / Conblock Secara Umum 5/5 (1)
October 29, 2018
Harga Paving Block per m2
Daftar Harga Paving Block per Meter Murah
November 5, 2018

Jenis, Model dan Ukuran Paving Block Paling Populer di Indonesia

Paving Block

Please rate this

Ciptajayamandiri.com – Mau pasang paving block di halaman rumah tapi belum tahu model paving block yang paling menarik? Atau belum tahu ukuran paving block untuk per meter perseginya? Coba yuk baca penjelasan jenis paving block berikut baik ukuran dan modelnya.

Paving block adalah sebuah bahan bangunan yang terbuat dari semen dan digunakan sebagai alternatif penutup atau juga pengerasan permukaan tanah. Biasanya orang Indonesia menyebutnya dengan conblock atau beton. Biasanya pembuatan paving atau conblock ini adalah suatu komposisi bahan bangunan yang dibuat dari campuran semen portland atau bahan perekat hidrolis, air dan agregat.

Oleh karena itu, sudah seharusnya kamu cek kualitas terlebih dahulu paving block agar kamu bisa menggunakannya untuk waktu yang lama. Tak hanya kualitasnya, conblock juga terdiri dari berbagai model, jenis dan bentuk yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu.

Model Paving Block

Berbagai Jenis Model Block di Indonesia

Jika berbicara mengenai berbagai jenis, tentunya banyak sekali jenis yang bisa kamu jadikan pilihan. Mulai dari kualitas bahan, bentuk, warna, ukuran dan lainnya. Oleh karena itu, mari bahas berbagai jenis paving block berdasarkan model dan ukuran paving block:

  • Paving Block Segitiga

Jenis yang satu ini juga pasti banyak kamu lihat dan sering disebut sebagai paving block Thirex. Ukuran paving block model ini adalah 19.7 x 9.6 cm dengan pilihan ketebalan 6-10cm. Kamu cukup membutuhkan 39 buah Thirex untuk area per meter perseginya. Perlu diketahui bahwa model ini merupakan tipe yang cukup rumit dan umumnya digunakan untuk satu pola saja.

  • Paving Block Model Cacing

Paving ini memiliki bentuk zig-zag dan biasanya di pasang di komplek perumahan atau taman. Ukuran paving jenis zig-zag ini adalah 11.5 x 22.5 cm dan memiliki berbagai pilihan ketebalan yang bervariasi, yakni 6 cm hingga 10 cm. Jumlah yang dibutuhkan untuk area per meter persegi adalah sebanyak 39 buah. Pola pemasangannya pun mudah dan sama seperti pemasangan paving batu bata yang mudah, namun tidak bisa dipadukan dengan paving model lainnya

  • Paving Block Batu Bata

Model paving block ini adalah model yang paling umum digunakan dan disebut sebagai batu bata karena modelnya yang mirip dengan batu bata. Kamu bisa memakainya untuk berbagai kebutuhan, dan biasanya banyak digunakan untuk kebutuhan lahan parkir. Ukuran dari paving block ini adalah 10.5 x 21 cm dengan berbagai pilihan ketebalan, yakni 6 cm hingga 10 cm. Masing-masing ketebalan juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Kamu cukup membutuhkan 44 paving block untuk area per meter perseginya. Biasanya model ini terdiri dari berbagai variasi warna seperti hitam, merah dan juga abu-abu.

  • Paving Block Segi Enam

Model paving block ini disebut juga sebagai paving block hexagon bata dan tentunya populer di Indonesia. Ukurannya dari model Hexagon ini adalah 20 x 20 cm dengan ketebalan 6, 8 dan juga 10 cm. Jumlah yang dibutuhkan untuk area per meter perseginya adalah 27 buah. Kamu bisa memakai model ini untuk lahan parkir atau taman di rumah.

  • Paving Block Rumput atau Grass Block

Tidak seperti lainnya, model paving block ini memiliki dua tipe yakni L5 dan L8. Grass Block L5 memiliki ukuran 40×40 dan juga ketebalan 8 cm. Untuk per meter persegi, kamu membutuhkan 6.25 buah paving grass block L5. Berbeda dengan model L8 yang memiliki ukuran 30×45 cm atau segi panjang dengan pilihan ketebalan 6 dan 8 cm. Untuk area per meter persegi, kamu membutuhkan grass block L8 sebanyak 7.5 grass block L8.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *