Model Paving Block
Jual Paving Block Jakarta Termurah dan Berkualitas No ratings yet.
March 27, 2019

Jual Paving Block K300, Mutu dan Harga Terbaru 2019

Jual Paving K300

Anda mungkin agak asing mendengar istilah paving block. Paving block atau biasa disebut conblock merupakan salah satu elemen bangunan yang menjadi alternatif bahan penutup permukaan tanah. Paving block terbentuk dari bahan-bahan bangunan campuran, seperti semen Portland, abu batu, agregat halus, agregat kasar, dan air dengan karakteristik yang hampir mendekati mortar. Mortar adalah bahan campuran pasir, agregat, dan air yang saat keadaan keras, ia memiliki sifat seperti batuan. Demikianlah paving block berasal.

Paving block sebenarnya dapat dengan mudah ditemui di mana saja di sekeliling kita, di taman, di sekolah, di halaman rumah, atau mungkin jalan-jalan komplek. Namun, penempatan paving block tidak bisa sembarangan, ada jenis mutu yang menentukan penempatannya. Jika tidak diletakkan atau dipasang sesuai dengan jenis mutunya, maka paving block akan mudah hancur.

Berdasarkan mutunya, paving block dibedakan menjadi empat jenis, yaitu jenis mutu A (K 400 – K 500) yang bisa menahan beban mulai dari 400 kg/cm2 dan biasa dibuat menggunakan cara press mesin hiddrolik. Kedua, jenis mutu B (K 300 – K 400) yang mampu menahan beban mulai 300 kg/cm2 dan biasa dibuat menggunakan mesin press juga. Ketiga, jenis mutu C (K 150 – K 250) yang mampu menahan beban mulai dari 150 kg/cm2 dan biasa dibuat menggunakan mesin vibrasi. Keempat, jenis mutu D (K 50 – K 100) yang mampu menahan beban mulai dari 50 kg/cm2 dan biasa dibuat dengan cara press manual. Nah, kali ini kami hanya akan membahas paving block jenis mutu B (K 300) atau paving block K 300.

Spesifikasi Paving Block K300

Mengapa Disebut Paving Block K300?

Paving block mutu K 300 maksudnya adalah paving block yang diproduksi dengan standar bahan baku atau komposisi yang sesuai dengan takaran untuk mencapai K 300. Artinya, hasil dari elemen ini akan mampu menahan tekanan mulai dari 300 kg/cm2. Caranya adalah dengan melakukan beberapa proses produksi untuk mencapai kekuatan ini.

Proses naiknya kekuatan beton dari nol hingga mencapai K 300 memerlukan perbandingan bahan-bahan dasar yang sesuai SNI dan menunggu hingga 28 hari pada saat pengeringan. Selama proses ini, tentu bukan hanya dikeringkan atau sekedar dijemur saja, tetapi juga harus disiram minimal 3 kali sehari. Kemudian, dikeringkan kembali di tempat yang sejuk atau di suhu yang tidak terlalu panas.

Pasti banyak pertanyaan, mengapa harus menunggu hingga 28 hari sampai bisa di promosikan dan jual paving block K 300? Sebab, umur beton tidak bisa ditunggu menggunakan detik, menit, atau bahkan jam. Paving block menggunakan komposisi semen sebagai alat pengeras, sementara semen selalu bekerja apabila selalu disiram dan keringnya merata. Maka, paving block harus melalui proses ini selama 28 hari untuk mencapai mutu K 300. Mutu K 300 ini biasa digunakan untuk menahan beban yang agak berat, seperti jalanan komplek, halaman rumah, atau parkiran.

Faktor yang Mempengaruhi Mutu Beton Paving Block

Berikut ini adalah faktor-faktor penting yang perlu diperhatikan agar paving block mencapai mutu K 300 yang sesuai.

1. Semen

Mutu semen merupakan faktor penentu penting yang mempengaruhi mutu paving block. Semen harus baru dan tidak bergumpal

2. Perbandingan air dan semen

Perlu diketahui, konsistensi dan kemampuan kerja adukan sangat penting diperhatikan. Kekuatan atau mutu paving beton akan menurun dan tidak sesuai, jika perbandingan semen dan air juga tidak sesuai. Semakin banyak kekosongan pada paving, maka semakin tidak kuat dia.

3. Bahan baku

Material yang digunakan sebagai dasar pembuatan paving block harus paling baru dan paling baik kualitasnya. Pasir dan kerikil haruslah bebas dari dedaunan, rumput, dan benda-benda asing lainnya.Pasir harus bertekstur agak kasar dengan ukuran partikel mulai dari ukuran debu.

4. Kehalusan kerikil

Kekuatan paving block juga akan menurun, jika kerikil semakin halus. Hal ini disebabkan karena kerikil halus akan membutuhkan lebih banyak semen, yang tentunya akan mempengaruhi seluruh adukannya.

5. Mesin cetak produksi

Khusus untuk pembuatan paving block, peralatan mesin cetak produksi sangat menentukan kekuatan beton yang nantinya dihasilkan. Mesin produksi harus sesuai dengan mutu yang akan dibuat.

Komposisidan Spesifikasi Paving Block K 300

Ada komposisi dan spesifikasi khusus jika ingin mencapai mutu paving K 300. Berikut ini komposisi dan spesifikasinya:

  • Pasir 200 kg
  •  Abu batu 240 kg
  •  Coral 40 kg @0.5
  •  Semen 40 kg (1 sak)

Perbandingan campuran untuk bahan-bahan tersebut di atas adalah 1 : 13. Cara pembuatan paving K 300 adalah sebagai berikut:

  1. Campurkan semua bahan, pasir, abu, krikil, dan semen, menggunakan alat pengaduk. Lebih baik jika fly ash dan semen dicampur terlebih dahulu sampai merata, baru dicampur dengan bahan lainnya di mesin pengaduk
  2.  Hasil campuran bahan, di bawa ke tahap selanjutnya, yaitu tahap pencetakan
  3. Lanjut ke tahap pencetakan atau pembentukkan menggunakan mesin press atau mesin hidrolik khusus
  4. Hasil paving block yang masih basah di jemur di bawah terik matahari langsung agar hasilnya lebih maksimal
  5.  Proses penjemuran memakan waktu 28 hari hingga mencapai mutu K 300.

Namun, seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, proses penjemuran dilakukan dengan cara bergantian atau per tahap. Misalnya, setelah seharian dijemur dan kering seutuhnya, paving harus melalui tahap pendinginan dengan cara disiram. Kemudian, baru dijemur lagi di tempat yang tidak terlalu panas dan begitu terus hingga 28 hari mencapai mutu K 300.

Kelebihan Penggunaan Paving Block K 300 Dibandingkan Aspal dan Cor Beton

Penggunaan paving block sebagai alternatif permukaan tanah sebetulnya memiliki banyak keunggulan. Bahkan, diklaim lebih unggul jika dibandingkan dengan penutup tanah lainnya, seperti beton ready mix ataupun aspal. Berikut ini beberapa kelebihan pacing block antara lain:

  • Material pembuat paving block membuat daya serap lebih baik jika dibandingkan dengan aspal maupun ready mix. Sehingga, sangat baik untuk menjaga keseimbangan tanah dan penopangan bangunan-bangunan di sekitarnya.
  •  Dengan daya serap yang baik ini, tentunya elemen bangunan ini lebih ramah lingkungan daripada aspal atau ready mix
  •  Berat paving block relatif lebih ringan
  •  Harga paving block juga relatif lebih murah

Harga Jual Paving Block K300

Bicara soal harga, harga paving block K 300 di pasaran dinilai berdasarkan model, ukuran, dan proses pembuatannya. Namun, secara umum, paving block mutu K 300 dijual berkisar antara Rp. 80 ribuan hingga Rp. 170 ribuan, tergantung dari model dan ukurannya.

Ada juga yang menjualnya di bawah harga tersebut, namun dengan kualitas jempolan. Jika Anda ingin mendapatkan paving block dengan harga yang wajar dan sesuai dengan kualitas, Cipta Jaya Mandiri tempatnya. Di sini, kisaran harga paving block mutu K 300, yaitu Rp. 75 ribu sampai Rp. 95 ribuan untuk ukuran 8 cm. Dengan pengalaman hampir 10 tahun, toko ini terkenal selalu menjaga kualitasnya.

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *